Selasa, 02 November 2010

Konfigurasi Netmeeting

Netmeeting adalah suatu program aplikasi yang biasanya bawaan dari Windows, biasanya pada Windows XP. Fungsi dari program aplikasi ini, yaitu:

1. Sebagai media komunikasi antar PC.

2. Sebagai media transmisi data atau sharing data.

3. Sebagai alat pengontrol.

Langkah-langkah dalam menginstall program aplikasi Netmeeting.

1. Kita harus saling terhubung / Connect antar komputer yang akan digunakan untuk manjalankan program aplikasi Netmeeting.

2. Kita install dengan cara klik Start > Run > ketik conf.

3. Setelah itu akan muncul kotak dialog, klik Next.

4. Setelah itu kita diminta untuk mengisi format yang sesuai dengan parintahnya, Kemudian Klik Next.

5. Klik Next.

6. Klik Next.

7. Kita akan memilih menampilkan shortcut pada atau tidak, jika kita akan menampilkan maka kita klik cek list. Kemudian klik Next.

8. Klik Next.

9. Geser pada volume untuk mengatur Volume suara yang aka diterima.

10. Bagian ini untuk mengatur suara apabila kita mendengarkan lewat Microphone.

11. Kita diminta untuk manghubungkan atau mengkoneksikan Microphone ke komputer, kemudian klik Next.

12. Jika ada masalah pada suara kita diminta untuk mengecek di bagian Tools menu. Klik Finish karena proses instalasi program aplikasi Netmeeting telah selesai.

13. Setelah selesai maka tampilan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tampilan awal apabila anda akan menjalankan program aplikasi Netmeeting.

Langkah-langkah cepat untuk menjalankan program aplikasi Netmeeting :


1. Masukkan no IP komputer lain yang akan dihubungi. Kemudian klik call.

2. Dan apabila sudah klik otomatis komputer yang dihubungi akan muncul kotak dialog. Klik Accept untuk menerima, dan klik Ignore untuk menolak.

3. Apabila sudah Connect maka otomatis akan muncul nama user yang telah terhubung.

4. Kita bisa mengobrol lewat tulisan atau istilah yang sering kita kenal dengan Chatting. Dengan cara klik pada tools Chat atau seperti pada gambar di bawah ini.

5. Kita juga bisa saling menggambar dengan cara klik pada tools Whiteboard.

6. Bisa juga untuk mengirim File atau Data dengan cara klik tools Transfer Files, Kemudian muncul kotak dialog dan klik pada add files, selanjutnya kita pilih file yang akan kita transfer > OK.

7. Setelah kita pilih files kita tinggal klik pada tools send all.

Setelah file kita transfer maka otomatis pada komp lain akan muncul kotak dialog.

Apabila kita ingin melihat dimana file kita tersimpan maka kita tinggal masuk pada tools Transfer tools > View received files.

atau kita juga dapat melihat pada Windows Ekplorer, yaitu dengan cara klik pada My Computer > Local Disk (C:) > Program Files > Netmeeting > Received Files.

8. Apabila kita ingin melihatkan pekerjaan kita untuk dikoreksi oleh atasan misalnya. Kita tidak usah menyimpan kemudian diserahkan dalam bentuk file. Kita cukup klik pada tools Share Program > Pilih Aplikasi yang ingin di share > Share. Tetapi kalau kita ingin semua Aplikasi yang ada kita tinggal pilih Dekstop saja tidak perlu memilih semuanya. Kalau ingin dibatalkan prosesnya kita tinggal klik pada Unshare.

Dan kalau Aplikasi kita ingin dibetulkan dan dikontrol apabila salah oleh atasan maka kita tinggal klik pada Allow Control > Klik cek list pada Automaticaly accept request for control. > Prevent Control. Dan kalau kita tidak ingin di kontrol kita klik kembali cek list-nya.

Setelah kita ingin komputer kita dikontrol maka otomatis tampilan komputer kita kan muncul pada komputer yang ingin mengontrol atau terhubung. Tetapi kekurangan dari sistem kontrol ini yaitu setiap komputer yang terhubung dapat mengontrol komputer kita. Dan siapa yang cepat yang dapat mengontrol dan kita tidak bisa mengoperasikannya, tetapi kalau yang mengontrol lengah atau tidak ada gerakan aktifitas maka kita dapat mengoperasikannya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar